Visi Misi dan Tujuan

VISI, MISI, DAN TUJUAN
(UNIT PENGEMBANGAN BAHASA IAIN SAMARINDA)

Visi :

Menjadi Unit Pengembangan Bahasa (UPB) di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang unggul dan terdepan melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di Kalimantan pada tahun 2025.


Misi:
1. Memberikan informasi yang akurat tentang profil kemampuan bahasa asing (Arab dan Inggris) yang harus dimiliki oleh civitas akademika IAIN Samarinda dengan prioritas mahasiswa yang akan menjadi alumni.
2. Memberikan layanan program pengembangan bahasa asing (Arab dan Inggris) unggulan bagi civitas akademika IAIN Samarinda dengan prioritas mahasiswa yang akan menjadi alumni.
3. Mengadakan evaluasi terhadap kemampuan bahasa asing (Arab dan Inggris) dengan proritas mahasiswa dan alumni.
4. Mengadakan kajian terhadap program pengembangan bahasa secara ilmiah.
5. Memberikan layanan kebahasaan pada masyarakat.


Tujuan:
1. Menghasilkan sistem informasi yang akurat tentang profil kemampuan minimal bahasa asing (Arab dan Inggris) civitas akademika IAIN Samarinda khususnya mahasiswa dan alumni.
2. Menghasilkan civitas akademika khususnya mahasiswa dan alumni dengan kemampuan bahasa asing (Arab dan Inggris) yang baik.
3. Menghasilkan sistem evaluasi yang terpercaya terkait dengan program pengembangan bahasa asing (Arab dan Inggris) dan juga kemampuan bahasa asing civitas akademika khususnya mahasiswa dan alumni.
4. Menghasilkan rekomendasi dari kajian ilmiah untuk program pengemabangan bahasa ke depan.
5. Menghasilkan program layanan kebahasaan yang menyentuh masyarakat dalam ranah publik.